Bukan ngobrol biasa, disini kita ciptakan habbit baru mengenai kesehatan..

24 Jul 2013

pengertian ilmu Kesehatan Masyarakat secara harfiah adalah ilmu atau seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui upaya yang terorganisasi dan pilihan informasi masyarakat, organisasi, publik dan swasta, masyarakat dan individu.

pengertian ilmu kesehatan masyarakat

pengertian ilmu Kesehatan Masyarakat menurut professor Winslot dari universitas Yale (leavel and clark, 1958), menelaskan bahwa kesehatan masyarakat adalah  ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya

pengertian ilmu Kesehatan Masyarakat menurut Ikatan Dokter Amerika, AMA, (1948) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

dalam penjelasan mengenai kesehatan masyarakat tersebut ada beberapa kaitan yang menjelaskan mengenai kesehatan masyarakat, diantaranya :
  1. Kesehatan masyarakat diatas maksudnya Hal ini berkaitan dengan ancaman terhadap kesehatan berdasarkan analisis kesehatan penduduk. Populasi tersebut dapat sekecil segelintir orang atau sama besar dengan semua penduduk beberapa benua (misalnya, dalam kasus pandemi). Dimensi kesehatan dapat mencakup "keadaan lengkap fisik, mental dan kesejahteraan sosial dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan", seperti yang didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia PBB.
  2. Kesehatan masyarakat menggabungkan pendekatan interdisipliner epidemiologi, biostatistik dan pelayanan kesehatan. Kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, kesehatan perilaku, ekonomi kesehatan, kebijakan publik, obat asuransi dan kesehatan kerja (kedokteran masing-masing kerja) adalah sub bidang penting lainnya.

Fokus intervensi kesehatan masyarakat adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup melalui pencegahan dan pengobatan penyakit dan kondisi kesehatan lainnya fisik dan mental, melalui pengawasan kasus dan indikator kesehatan, dan melalui promosi perilaku sehat. Promosi mencuci tangan dan menyusui, pengiriman vaksinasi, dan distribusi kondom untuk mengontrol penyebaran penyakit menular seksual adalah contoh tindakan kesehatan masyarakat umum.

Praktik kesehatan masyarakat modern membutuhkan tim profesional multidisipliner termasuk dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan masyarakat / kedokteran / penyakit menular masyarakat, epidemiologi, biostatistik, perawat kesehatan masyarakat, ahli mikrobiologi medis, petugas kesehatan lingkungan / inspektur kesehatan masyarakat, apoteker, Hiegenis gigi, ahli diet dan ahli gizi, dokter hewan, insinyur kesehatan masyarakat, pengacara kesehatan masyarakat, sosiolog, pekerja pembangunan masyarakat, ahli komunikasi, dan lain-lain.

Ruang Lingkup Kesehatan Masyarakat :
1. kepet
2. Biostatistik
3. Kesehatan Lingkungan
4. Pendidikan Kesehatan dan Perilaku
5. Administrasi Kesehatan Masyarakat
6. Gizi Masyarakat
7. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
8. Kesehatan Reproduksi masyarakat
9. Sistem Informasi Kesehatan

Ngobrol sehat mengenai pengertian ilmu Kesehatan Masyarakat
Posted by Unknown on 17.32

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search